my donuts

Sebenarnya aku bukan orang yang pandai memasak, aku hanya orang yang senang untuk mencoba resep-resep masakan, terlebih lagi resep kue. Melihat hasil masakanku, lebih banyak gagalnya daripada berhasil nya, hehe,,, namanya juga belajar😉

Hari ini aku membuat kue donat, hm… pasti sudah tidak asing lagi kan dengan kue yang satu ini. Sudah banyak yang menuliskan resep-resep kue donat dengan berbagai variasinya. Nah, awalnya aku ingin membuat kue donat yang resepnya ku ambil dari buku “Rempeyek Popeye, Rekreasi Masakan Dengan Si Kecil” karya Ir. Mahdiyah M.Kes terbitan Republika. Dari bahan-bahannya aku lihat agak sedikit berbeda dengan yang biasa ku buat, ada tambahan susu cair dan menggunakan gula halus. Namun setelah ku baca-baca lagi, ada yang tidak sesuai antara Bahan dan Cara Membuat. Ada beberapa bahan yang tidak tercatat di “Bahan-bahan” tapi ada di “Cara Membuat”. Misalnya seperti, mentega dan cooking powder. Kedua bahan tersebut tidak tertulis di “Bahan-bahan” tapi ada dalam catatan “Cara Membuat”. Karena hal itulah, akhirnya aku mengganti resepnya dengan resep roti goreng Olie Bolen yang tertera di majalah “Sedap Sekejap” edisi Januari/V/2004, hehe… edisi lama nih.

Aku memang tidak berencana membuat banyak, oleh karena itu aku hanya menggunakan 1/2 resep yang tertera di majalah tersebut. Oke, langsung saja, cekidot😀

 

Bahan:

265 gr tepung terigu

50 gr gula pasir

1/2 bks ragi instan

100 ml air

1 btr telur

1/4 sdt garam

50 gr margarin

gula halus untuk taburan

 

Cara Membuat:

1. Ayak tepung terigu, masukkan gula, dan ragi instan.

2. Tuang air, garam, dan telur sambil di uleni hingga kalis.

3. Tambahkan margarin lalu uleni lagi sampai elastis. Diamkan selama 30 menit.

4. Bentuk bulat dan buat lubang di tengah atau bisa menggunakan cetakan kue donat. Diamkan selama 15 menit.

5. Goreng dalam minyak panas sedang hingga kecoklatan.

6. Angkat lalu sajikan dengan gula halus

 

Catatan: karena ini resep roti goreng, maka untuk ukuran gula boleh dikurangi lagi. Banyaknya takaran gula dalam adonan akan mempengaruhi warna donat ketika proses penggorengan.

 

Dari bahan-bahan di atas, bisa menghasilkan 13 buah kue donat ukuran besar. Sayangnya aku tak bisa meng-upload foto nya, karena tak lama setelah aku memutuskan untuk menulis blog… Kue donatnya sudah habis… ^^

Posted on 29 April 2012, in resep masakan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

