Interview

Acungkan tangan yang pernah melamar kerja, hehe…

 

Buat kalian yang pernah melamar kerja pasti pernah interview dong. Tentu saja, karena interview merupakan salah satu tes dalam perekrutan tenaga kerja. Dan biasanya, pada tes interview ini lah banyak calon tenaga kerja yang berguguran. Hm, tes yang satu ini benar-benar susah-susah gampang untuk dilalui. Aku sendiri telah gagal berkali-kali dalam tes ini :p

Tapi, jangan patah semangat. Kegagalan itu ada, agar kita bisa belajar menjadi lebih baik lagi. Betul tidak?🙂

 

Nah, kali ini aku akan mencoba menuliskan beberapa poin yang harus di perhatikan dalam menghadapi interview kerja. Ada tiga hal penting yang menjadi poin utama dalam interview, yaitu: 1). Penampilan, 2). Etika, dan 3). Menjawab pertanyaan. Kita akan bahas satu persatu.

1). Penampilan

Mungkin ada di antara kalian yang cuek terhadap penampilan dan berprinsip “apapun pakaiannya yang penting hatinya keren” . Hm, sebenarnya aku sendiri salah seorang penganut prinsip itu, hehe…

Tapi untuk interview, lebih baik prinsip itu kalian simpan dulu di peti hati kalian yang terdalam. Karena apa? Karena penampilan merupakan salah satu penilaian dalam interview. Berpakaianlah yang sopan dan formal. Gunakan kemeja dengan model sederhana, jangan terlalu banyak renda (untuk perempuan) dan untuk pemilihan warna, pilihlah warna-warna yang natural. Khusus untuk perempuan yang melamar di bank, selalu gunakan 3 hal berikut ini: blazer, make up, dan sepatu pentopel berhak (highheels).

 

2). Etika

Dalam kondisi apapun, etika memang sangat dijunjung tinggi. Tak kan sukses seseorang jika dia tidak memiliki etika yang baik. Etika atau perilaku atau tingkah laku atau attitude, merupakan poin sangat penting. Tidak hanya ketika interview, tapi juga ketika kita sudah masuk ke dalam dunia kerja, bersosialisasi dalam lingkungan masyarakat dan dalam lingkungan keluarga. Lalu, apa saja etika yang perlu di perhatikan dalam interview?

Ketika akan memasuki ruangan interview, biasakan untuk mengetuk pintu dan ucapkan salam (selamat pagi, siang, dll). Kemudian jabat tangan sang interviewer. Hati-hati, ketika menjabat tangan jangan sampai terlihat gugup atau grogi, rileks saja. Kemudian duduklah jika dipersilahkan, jika tidak dipersilahkan oleh interviewer, silahkan ajukan sendiri, misalnya dengan mengucapkan “Boleh saya duduk, Pak/Bu?”.

Posisi duduk, kedua kaki lurus ke bawah sesuai dengan bentuk kursi, kedua tangan berada di atas lutut dengan kondisi santai atau rileks. Usahakan agar punggung tidak bersandar ke belakang kursi.  Jangan pernah meletakkan tangan di atas meja atau menyimpan tas di atas meja. Untuk tas sebaiknya di simpan di bawah, di dekat kaki. Selama menjawab pertanyaan, usahakan agar mata tetap fokus pada interviewer. Selesai interview jabat tangan kembali dengan interviewer dan jangan lupa, senyum dan salam🙂.

 

3). Menjawab pertanyaan

Poin inilah yang biasanya menjadi hambatan terbesar dari proses interview. Pastikan ketika menjawab pertanyaan, harus:

  1. Menunjukkan kepercayaan diri dan optimis,
  2. Tunjukan ketertarikan kita pada perusahaan tersebut,
  3. Menjawab setiap pertanyaan dengan tegas dan yakin; tanpa ragu,
  4. Usahakan jangan terlalu lama dalam menjawab pertanyaan,
  5. Hindari kata: hm, mm, ee, anu, dan sebagainya,
  6. Carilah info tentang perusahaan yang bersangkutan agar bisa menjawab pertanyaan sesuai dengan data realita bukan prediksi,
  7. Perhatikan pertanyaan dengan seksama, jangan sampai meminta interviewer mengulang pertanyaan tersebut,
  8. Jawablah pertanyaan dengan kalimat-kalimat positif; hindari kalimat negatif,
  9. Jika pertanyaan berkaitan dengan kekurangan kita, jangan terlalu blak-blakan dalam menjawabnya, sebaiknya jika kita memang ada kekurangan, tambahkan juga solusi dalam menghadapi kekurangan kita. Misalnya kalau kita pelupa, katakan saja “selama ini saya berusaha mengatasinya dengan selalu mencatat hal-hal penting yang berkaitan dengan pekerjaan”.

 

Poin-poin di atas aku ambil dari pengalamanku sendiri.  Pastinya masih banyak kekurangan dalam tulisan ini. Tapi semoga bisa memberikan sedikit informasi bagi kalian yang akan memulai interview.  Mudah-mudahan bermanfaat🙂

Posted on 27 Agustus 2012, in my note. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: